Rabu, 24 Desember 2008

Skring Putus Jangan Panik...!

Gambar sekring model lama





Gambar sekring model terbaru




Bila motor anda tiba-tiba tidak bisa distater elektrik, lampu indikator hijau tidak menyala dan lampu sen kanan kiri mati. Anda jangan khawatir sebab itu hanya karena Kabel sekring atau sekrinya putus.

Apa jadinya bila sekring tiba-tiba putus? Gampang saja, ganti dengan yang baru. Biasanya pada setiap motor terdapat sekring cadangan yang diselipkan di dekat sekring asli, namun bila tidak terdapat cadangannya alias darurat anda bisa menggantikannya dengan sehelai rambut kabel. Caranya sambungkan atau lilitkan kedua ujung rambut kabel tersebut sesuai dengan bentuk sekring motor anda, namun setelah menemukan sekring yang baru segeralah ganti sekring darurat tersebut

Sabtu, 20 Desember 2008

Gama Motor Pekalongan

Gama Motor Pekalongan
TERLENGKAP di Pemalang - Kota Pekalongan - Kab. Pekalongan - Batang - Kendal dan sekitarnya.

Kamis, 18 Desember 2008

Berkendara aman dan nyaman

Hidup Itu Indah.

Hidup adalah keindahan oleh karenanya kita harus menghargai kehidupan, meskipun kematian suatu saat pasti akan datang, setidaknya kehidupan sejak anak-anak lahir sudah membuat orang tua dan orang-orang disekitar gembira melihat kelucuan anak-anak dan ketika masa pertumbuhan menjadi remaja kemudian dewasa juga membuat kebahagian orang tua dan lingkungan sekitar bahagia dengan prestasi-prestasi yang diraihnya. Kemudian setelah dewasa juga akan membuat kebahagiaan bagi masyarakat sekitarnya. Setidaknya kehidupan kita bisa bermanfaat dan berguna bagi lingkungan sekitar kita, baik kepada sesama manusia dan alam disekitar kita.

Bagi Teman-teman yang tiap hari selalu berkendara sepeda motor, sekali lagi hargailah nyawa anda…..! karena anda masih dibutuhkan oleh orang tua, saudara, istri, suami, anak-anak dan masyarakat kita, begitu pula alam ini membutuhkan sentuhan anda…!

Berikut adalah tips berkendara aman dan nyaman yg diadaptasi dari Tabloid Motor Plus no. 350.

  1. Persiapan pengendara: pemanasan & peregangan tubuh, pergunakan perlengkapan/ perlindungan tubuh seperti helm, jaket, sepatu, dll.
  2. Persiapkan motor: cek tekanan ban, rem, kaca spion, dan lampu-lampu sebelum berangkat.
  3. Postur berkendara: mata melihat jauh ke depan; pundak santai; siku menekuk dgn santai; posisi tangan harus mudah mengoperasikan handle rem, kopling dan saklar-saklar; pinggul diposisikan agar mudah mengoperasikan setang dan kemudi; kaki diletakkan tegak pada foot-step.
  4. Pengereman: lakukan bersamaan depan-belakang; sebisa mungkin tidak melakukan panic breaking.
  5. Gunakan selalu jalur kiri.
  6. Untuk pindah jalur: gunakan tanda/ lampu sein; perhatikan spion utk memastikan aman.
  7. Sebelum belok: gunakan jalur yg semestinya sebelum berbelok kiri atau kanan.
  8. Kurangi kecepatan saat menghadapi rintangan: seperti batu, kerikil, tanah, becek, lumpur, pasir, dll.
  9. Tidak dibenarkan berkendara dgn 1 tangan. Apalagi lepas tangan semuanya!
  10. Tidak dibenarkan berkendara dalam pengaruh minuman keras dan/atau obat-obatan.
  11. Waspada: terutama malam hari.
  12. Patuhi rambu-rambu lalu lintas.

Tambahan:

  1. Kendalikan emosi: tidak mudah terpancing pengendara lain yg ngebut atau ugal-ugalan.
  2. Kecepatan mengikuti situasi dan kondisi jalan dan kepadatan. Tapi walau sepi, kecepatan maksimal motor di jalan raya adalah 60 km/jam.
  3. Bawa peralatan darurat: kunci-kunci, busi, kabel dan kalau perlu ban dalam cadangan.
  4. Bawa uang darurat: sediakan pos anggaran untuk keadaan darurat, misalnya untuk tambal ban, mbengkel saat tiba-tiba mogok, dll.
  5. Bawa STNK dan SIM. Jangan sampai lupa.
  6. Catat nomer-nomer darurat: misalnya 112, 119 dan juga kerabat atau teman yg dapat dihubungi segera ketika ada masalah darurat.
  7. Kondisi tubuh harus fit: tidak sedang sakit atau menderita penyakit yg dapat kambuh sewaktu-waktu (mis: ayan, dll).
  8. Jangan lupa berdoa sebelum dan sesudah perjalanan.

Rabu, 17 Desember 2008

Perlengkapan Berkendara Sepeda Motor


Perlengkapan Berkendara Yang Aman dan Nyaman

Dewasa ini pemakaian kendaraan motor roda dua di masyarakat meningkat dengan tajam sekali, demikian pula dengan tingkat kecelakaan yang menimpa pengendara roda dua semakin banyak, hal ini dikarenakan sebagian besar adalah faktor sipengendara sendiri yaitu tidak menggunakan perlengkapan yang standar.

Perlengkapan standar pengendaraan bisa dibedakan menjadi 2 yaitu pengendaraan perjalanan dalam kota dan pengendaraan luar kota. Untuk lebih jelasnya bisa melihat gambar diatas.

Perlengkapan standar tersebut adalah :

1. Helm Standar.

2. Jaket.

3. Celana.

4. Sepatu.

5. Sarung Tangan.

Mengenai bentuk, jenis dan kualitas barang biasanya banyak sekali dan itu tergantung dari label harga sehingga semakin mahal harga biasanya semakin tinggi kualitas keamanannya, namun demikian sebaiknya dalam memilih perlengkapan berkendara yang penting adalah aman dan nyaman dikenakan. Aman dalam arti bisa mencegah cidera bila terjadi sesuatu dan Nyaman saat dikenakan.

Selasa, 16 Desember 2008

Kebersihan Sebagian dari Iman



Untuk menjaga kebersihan tentunya minimal kita akan membersihkan diri (mandi) sehari 2 kali. Tapi apakah kita sudah tampak bersih bila sepeda motor yang kita kendarai sudah bersih pula. Wong baju dan celana kitapun tiap hari harus cuci. Artinya apapun yang ada dilingkungan kita semuanya harus bersih, terutama hati , pikiran dan perbuatan kita.... setuju..? ya...karena kebersihan adalah sebagian dari iman.

Salah satu gambar diatas adalah mencuci atau membersihkan kendaraan kita sendiri. Mencuci kendaraan bisa kita lakukan sendiri atau dikerjakan oleh jasa pencucian umum, tetapi kalau kita tidak terlalu sibuk sekali dalam pekerjaan sebaiknnya dilakukan sendiri. Beberapa keuntungan membersihkan motor sendiri adalah :
  1. Waktu pengerjaan pencucian bebas bisa pagi, siang ataupun malam.
  2. Hasil cucian tergantung niat dan waktu kesempatan kita.
  3. Hafal bagian mana yang paling kotor dan yang paling harus dibersihkan.
  4. Lebih Hemat dan tidak ada hal yang bisa dikomplain.
Idealnya mencuci motor adalah minimal seminggu sekali atau dicuci sehabis kehujanan atau melewati jalan yang becek. Agar hasil pencucian maksimal perlu dilakukan :
  • Bila motor tidak kotor oleh lumpur, bodi cukup dibersihkan dengan sulak bulu ayam kemudian dilap dengan lap kanebo.
  • Bila kotor siram seluruh bodi dengan air sampai merata dan gunakan sampo pencuci (bukan sabun cuci pakaian) lakukan merata bagian atas kebawah atau bagian yang paling sedikit debunya sampai yang paling banyak debunya. Setelah semuanya bersih bilas sampo dan biarkan air mengalir ke bawah.
  • Lanjutkan pencucian di bagian roda kolong mesin gunakan busa atau sikat guna membersihkannya.
  • Setelah semua bersih bilaslah dengan lap chamois (kanebo) yang menyerap air. Tapi hindari matahari langsung lselama mencuci karena bisa menimbulkan bercak-bercak pada pembilasan yang tidak merata.

Minggu, 14 Desember 2008

LAMPU VARIASI






Bolam Variasi
Sekarang ini ada bermacam macam jenis dan merk bolam lampu yang ada di pasaran. Jenis yang mudah paling kita kenal adalah bolam berwarna putih (lebih dikenal dengan bolam standar), kuning pelangi ( variasi untuk pencahayaan berkabut)dan biru (untuk pencahayaan yang terang).



Saran Penggunaan Warna Bolam
• Untuk kenyamanan dan keamanan, sebaiknya memilih lampu dengan warna putih
• Untuk penggunaan di cuaca hujan/kabut/buruk, pilih lampu dengan warna kuning atau pelangi
• Apapun jenis lampunya, bolam Halogen atau HID, hindari salah kaprah dengan memilih bolam yang warnanya biru.
• Bolam biru bukan menunjukkan Terangnya cahaya, tetapi menunjukkan Warna Cahaya. Bolam putih cahaya kekuningan, bolam biru cahaya putih kebiruan.
• Penggunaan lampu yang putih kebiruan, mengurangi daya pandang dan refleks (reaction time) kita.

Kamis, 04 Desember 2008

Kaca spion

Variasi Spion
Salah
satu perlengkapan yang disyaratkan oleh peraturan lalu lintas adalah kelengkapan spion pada speda motor. Dalam perkembangannya ada berbagai jenis spion yang ada dimasyarakat contohnya sbb:
  1. Spion standar bawaan dari pabrikan motor, biasanya bentuknya panjang, kokoh dan memiliki kaca cembung dan bila kita melihat kekaca spion maka pandangan dibelakang kita akan terlihat jelas dan luas. (harga mahal)
  2. spion imitasi yang bentuknya seperti asli, spion ini bentuknya sama seperti asli akan tetapi secara fisik tidak sekokoh spion asli dan yang paling kentara jenis kacanya adalah kaca datar sehingga bila untuk melihat ruangan dibelakang motor terlihat sempit dan bila spion bergetar maka bayangan di kaca akan buram. (harga murah)
  3. spion variasi tetapi sesuai dengan standar pabrikan motor, spion ini bentuknya sangat menarik dan berwarna warni dan biasanya diproduksi oleh pabrik yang memiliki standar keslamatan contohnya seperti SNI dan ciri khasnya selain bentukknya kokoh juga memiliki kaca cembung seperti spion asli. (harga mahal)
  4. Spion variasi biasa, spion ini bentuknya ada yang kecil dan ada yang besar, jenis kacanya datar seperti kaca spion imitasi untuk harganya biasanya bervariasi ada yang murah dan yang mahal biasanya tergantung kualitasnya.


Contoh gambar spion variasi adalah sebagai berikut

Gambar spion variasi standar pabrikan






Gambar spion standar pabrikan







Gambar macam-macam spion variasi









Dari bentuk dan tampilan spion variasi lebih menarik dari pada spion standar, selain bentuknya gaul dan elegan juga akan menambah tampilan yang lebih oke dan menambah percaya diri pengendara. Untuk itu kami memberikan tips untuk para pemakai spion sbb :
  • pilihlah spion yang bentuknya dan warnanya sesuai dengan motor anda
  • pilihlah spion yang memiliki kaca cembung dan bila terpaksa kaca datar pilihlah yang memiliki bayangan untuk melihat kebelakang motor
  • gunakan 2 spion sekaligus jangan hanya satu spion disebelah kanan, karena pandangan kita akan semakin luas baik melihat dikanan atau kiri belakang motor kita.
  • berkendaralah dengah hati-hati meskipun motor kita sudah ada spionnya
selamat berkendara.......!