Selasa, 16 Desember 2008

Kebersihan Sebagian dari Iman



Untuk menjaga kebersihan tentunya minimal kita akan membersihkan diri (mandi) sehari 2 kali. Tapi apakah kita sudah tampak bersih bila sepeda motor yang kita kendarai sudah bersih pula. Wong baju dan celana kitapun tiap hari harus cuci. Artinya apapun yang ada dilingkungan kita semuanya harus bersih, terutama hati , pikiran dan perbuatan kita.... setuju..? ya...karena kebersihan adalah sebagian dari iman.

Salah satu gambar diatas adalah mencuci atau membersihkan kendaraan kita sendiri. Mencuci kendaraan bisa kita lakukan sendiri atau dikerjakan oleh jasa pencucian umum, tetapi kalau kita tidak terlalu sibuk sekali dalam pekerjaan sebaiknnya dilakukan sendiri. Beberapa keuntungan membersihkan motor sendiri adalah :
  1. Waktu pengerjaan pencucian bebas bisa pagi, siang ataupun malam.
  2. Hasil cucian tergantung niat dan waktu kesempatan kita.
  3. Hafal bagian mana yang paling kotor dan yang paling harus dibersihkan.
  4. Lebih Hemat dan tidak ada hal yang bisa dikomplain.
Idealnya mencuci motor adalah minimal seminggu sekali atau dicuci sehabis kehujanan atau melewati jalan yang becek. Agar hasil pencucian maksimal perlu dilakukan :
  • Bila motor tidak kotor oleh lumpur, bodi cukup dibersihkan dengan sulak bulu ayam kemudian dilap dengan lap kanebo.
  • Bila kotor siram seluruh bodi dengan air sampai merata dan gunakan sampo pencuci (bukan sabun cuci pakaian) lakukan merata bagian atas kebawah atau bagian yang paling sedikit debunya sampai yang paling banyak debunya. Setelah semuanya bersih bilas sampo dan biarkan air mengalir ke bawah.
  • Lanjutkan pencucian di bagian roda kolong mesin gunakan busa atau sikat guna membersihkannya.
  • Setelah semua bersih bilaslah dengan lap chamois (kanebo) yang menyerap air. Tapi hindari matahari langsung lselama mencuci karena bisa menimbulkan bercak-bercak pada pembilasan yang tidak merata.

1 komentar:

GAMA MOTOR PEKALONGAN mengatakan...

trims atas tips dan triknya, sekarang motorku jadi lebih bersih.